Manfaatkan BPJS Tenaga Kerja Anda Untuk Miliki Rumah

Manfaatkan BPJS Tenaga Kerja Anda Untuk Miliki Rumah

Category : Uncategorized

Pemerintah Indonesia terus aktif dalam merangsang pertumbuhan sektor properti dalam negeri, terutama untuk mensukseskan Program Sejuta Rumah. Setelah mengeluarkan Paket Ekonomi Jilid 13 tentang perumahan, salah satu badan pemerintah yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan turut ikut serta dalam menyediakan layanan tambahan di bidang perumahan bagi kalangan pekerja.

Ini adalah sebuah terobosan baru yang bermanfaat bagi pekerja setelah sebelumnya BPJS Ketenagakerjaan memberi layanan berupa jaminan hari tua, kematian, kecelakaan kerja dan program pensiun. Program tambahan perumahan ini terbagi menjadi 4 jenis : pinjaman uang muka (PUM), kredit pemilikan rumah (KPR), kredit konstruksi (KK), dan pinjaman renovasi perumahan (PRP).

BPJS Ketenagakerjaan membagi PUM dan KPR menjadi 2 jenis, Subsidi dan Non-Subsidi. Untuk Perumahan Subsidi, BPJS Ketenagakerjaan dapat memberikan pinjaman PUM + KPR maksimal sampai dengan 99% dan suku bunga 5% (sesuai ketentuan pemerintah). Sedangkan untuk Perumahan Non-Subsidi, pinjaman PUM + KPR maksimal sampai dengan 90% dan suku bunga dari Bank Indonesia (BI) rate + 3% (margin bank).

Bagi pinjaman KK diberikan untuk keseluruhan peserta BPJS Ketenagakerjaan khusus untuk pembangunan rumah tapak dengan suku bunga dari BI Rate+margin bank. Sedangkan untuk pinjaman PRP, BPJS Ketenagakerjaan memberikan pinjaman maksimal Rp 50 juta dengan tenor selama 10 tahun.

Sasaran manfaat layanan tambahan perumahan ini terbagi ke dalam dua segmen, yakni segmen rumah pekerja dengan penghasilan Rp 5,7 juta hingga Rp 10 juta dan segmen fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) dengan gaji kurang dari Rp 5,7 juta.

Namun, tidak semua peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat langsung menikmati layanan ini. Ada syarat yang harus dipenuhi yaitu minimal keanggotaan satu tahun, harus tertib administrasi, dan membayar iuran bulanan secara tertib. Harus diketahui bahwa layanan ini hanya berlaku untuk rumah tapak dan belum mencakup hunian vertikal seperti apartemen. Program ini juga akan mengambil investasi peserta jaminan hari tua BPJS Ketenagakerjaan sebesar 30%.

Sumber : kompas.com


2 Comments

folorentorium

January 26, 2019 at 5:43 am

Thanks for sharing excellent informations. Your website is very cool. I’m impressed by the details that you’ve on this website. It reveals how nicely you perceive this subject. Bookmarked this website page, will come back for extra articles. You, my pal, ROCK! I found simply the information I already searched all over the place and simply couldn’t come across. What a great web site.

http://www.folorentorium.com/

Jekkvat

May 26, 2019 at 6:27 pm

training programs, Blog Fitness, healthy lifestyle, diet, proper nutrition

Leave a Reply