Sebelum Beli Rumah

Ingin beli rumah tapi takut salah beli ? Jangan khawatir !
Dalam artikel ini akan dibahas pertimbangan sebelum beli rumah agar tidak ada penyesalan dikemudian hari. Tips sebelum beli rumah ini berlaku untuk rumah baru, rumah bekas/second, rumah subsidi, perumahan, apartemen / kondominium dan ruko.

Membeli sebuah rumah tidaklah rumit, namun membeli rumah yang tepat memerlukan ketelitian. Seringkali kita dengar kasus dalam membeli rumah seperti rumah / perumahan yang tidak siap, pengembang perumahan kabur / menggelapkan uang konsumen dan kredit macet. Artikel ini diharapkan dapat memberikan solusi atas soalan sebelum membeli rumah.

Kami ingin dalam kurun waktu 5, 10, 15 atau 20 tahun kedepan anda dapat mengucapkan kalimat seperti “Untung saja dulu saya beli properti ini” baik kepada diri sendiri, anggota keluarga atau teman. Dan semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memilih rumah idaman.

Mari langsung saja kita bahas persiapan sebelum beli rumah dibawah ini.

Pertimbangan Sebelum Beli Rumah

Lokasi Strategis dan Prospektif

Hal terpenting sebelum beli rumah adalah memilih lokasi, lokasi dan lokasi. Lokasi yang dipilih kalau bisa harus memenuhi salah satu dari dua unsur : strategis dan prospektif. Apa beda antara keduanya ?

Lokasi strategis umumnya terletak di tengah / jantung sebuah daerah. Lokasi ini biasanya ramai baik siang maupun malam, sehingga properti di lokasi strategis sudah pasti mahal harganya.

Lokasi Strategis Sebelum Beli Rumah

Alternatif dari lokasi strategis adalah lokasi prospektif. yang biasanya terletak bukan di tengah sebuah daerah, bisa jadi di pinggiran, tapi mempunyai potensi untuk berkembang pesat. Harga properti di lokasi ini biasanya lebih bersahabat. Harus dicatat tidak semua lokasi adalah lokasi prospektif.

Bagaimana cara menentukan daerah yang prospektif ? Bisa dengan melihat apakah banyak perumahan, ada pusat perbelanjaan dan SPBU disekitar daerah tersebut. Hindari lokasi mati / lama berkembang seperti daerah yang menjadi pusat pergudangan atau dekat dengan kuburan.

Supaya dapat menentukan lokasi yang pas kami sarankan agar mensurvey beberapa lokasi sehingga dapat membandingkan keunggulan dan kekurangan antara satu lokasi dan lokasi lainnya.

REKOMENDASI KAMI : Minimal pilih lokasi yang prospektif jika harga di lokasi strategis tidak sesuai budget dan hindari lokasi mati.

Kondisi Keuangan

Poin ini ditujukan kepada orang yang berencana memilih Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di bank sebagai alat pembayaran dalam membeli rumah.

Berdasarkan pengalaman kami sebagai pengembang perumahan subsidi Jambi, seringkali kami temukan konsumen yang membeli rumah tanpa didukung oleh kondisi keuangan yang pas. Ini mengakibatkan angsuran seringkali telat, dan banyak juga yang tidak mampu bayar angsuran sama sekali.

Resiko atas tidak dibayarnya angsuran adalah

  • Rumah akan dilelang bank
  • Debitur/pemilik rumah tidak akan mendapatkan apa – apa
  • Jika rumah itu subsidi, maka pemilik rumah tidak dapat mengambil rumah subsidi lagi di daerah manapun di Indonesia.

Sebelum mengambil kredit (utang), baik itu kredit KPR, leasing atau kredit lain di instansi pemberi kredit, tentulah kita harus mengukur kemampuan bayar kita. Ini hanya kita yang tau karena orang lain tidak akan tahu berapa pendapatan dan pengeluaran kita.

Kondisi Keuangan Sebelum Beli Rumah

Kita dapat mengambil mekanisme analisa bank dalam menentukan budget sebelum beli rumah. Dalam menentukan masa tenor kredit dan jumlah angsuran, bank mengharuskan angsuran 1/3 dari pendapatan kita.

Artinya jika kita ingin mengambil rumah subsidi yang mempunyai angsuran Rp. 1.000.000,- / bulan maka kita sekurang – kurangnya harus memiliki pendapatan sebesar Rp. 3.000.000,- / bulan.

REKOMENDASI KAMI : Sebelum beli rumah, sesuaikan budget dan pendapatan anda. Idealnya angsuran yang akan kita ambil adalah 1/3 dari pendapatan kita.

Harga dan Spesifikasi Bangunan

Soal harga dan spesifikasi bangunan, pertimbangan sebelum beli rumah subsidi lebih mudah dibanding beli rumah komersil, ruko, atau apartemen. Mengapa demikian? Karena harga maksimal rumah subsidi sudah diatur oleh pemerintah sehingga kita hanya perlu membandingkan desain dan spesifikasi bangunan.

Spesifikasi Bangunan

Contohnya, jika kita memutuskan ambil perumahan subsidi Jambi di daerah Kasang Pudak. Akan ada banyak pilihan perumahan subsidi dan harga satu rumah dan lainnya bakal beda tipis, terkecuali jika ada pengembang perumahan yang memberi diskon atau potongan harga uang muka. Oleh karena itu yang dapat kita bandingkan adalah spesifikasi bangunannya.

Dengan harga yang sama, perumahan subsidi di daerah Kasang Pudak mana yang memberikan spesifikasi bangunan tertinggi. Dan juga apakah desainnya enak dipandang oleh mata kita.

Untuk perumahan komersil, ruko dan apartemen harus lebih teliti akan spesifikasinya bangunannya. Dikarenakan harganya tidak sama, maka kita harus menentukan sendiri apakah harga yang diberikan untuk properti tersebut sesuai dengan kualitas bangunan dan bahan bangunan yang digunakan.

REKOMENDASI KAMI : Jangan tergiur dengan promo dan harga yang dipasang oleh pengembang. Harga yang diberikan harus sesuai dengan spesifikasi bangunannya.

Lingkungan dan Fasilitas Umum Sekitar

Mau sebagus apapun lingkungan didalam perumahan jika lingkungan dan fasilitas umum sekitar kurang mendukung akan mempengaruhi pembeli dalam jangka panjang. Contoh lingkungan yang kurang mendukung seperti dekat dengan bak sampah atau tempat pembuangan akhir (TPA), sekitar lingkungan kumuh dan tidak adanya pasar tradisional, tempat ibadah dan sekolah.

Sebelum beli rumah tiap pembeli wajib mensurvey tidak hanya rumah/perumahan itu sendiri tapi juga lingkungan sekitar. Pastikan lingkungan sekitar memadai dan ada fasilitas umum agar daerah lokasi rumah hidup. Beberapa yang harus dicek kondisi air, jarak pasar tradisional dan pusat perbelanjaan, rumah sakit atau puskesmas dan sekolah terdekat.

Bayangkan jika sedang butuh berobat rawat inap dan jarak dari tempat tinggal ke rumah sakit terdekat jauh. Hal ini tentu saja akan sangat merepotkan kita. Contoh lainnya jika jarak ke pasar jauh akan menghabiskan waktu hanya untuk membeli sayur mayur.

REKOMENDASI KAMI : Pastikan lingkungan dan fasilitas umum sekitar menunjang untuk kemudahan dan kenyamanan kita sebelum beli rumah.

Reputasi Penjual

Telah disebutkan diatas bahwa banyak sekali kejadian proyek mangkrak yang merugikan pembeli. Proyek mangkrak tidak hanya terjadi di pembangunan perumahan subsidi dan komersil namun juga terjadi di pembangunan ruko dan apartemen.

Oleh karena itu, memilih penjual atau pengembang properti harus melihat reputasi dan sepak terjangnya selama ini. Bagaimana caranya? Cara yang paling mudah adalah melalui proyek – proyek terdahulunya. Kunjungi proyek tersebut dan apabila memungkinkan tanya kepada penghuninya apakah ada kendala selama ini.

Pengembang properti yang baik sudah pasti akan menjaga reputasinya dan membeli dari pengembang properti yang memiliki reputasi yang baik akan melegakan buat kita. Kita tidak perlu was – was apakah proyek itu akan selesai atau tidak. Juga tidak perlu khawatir apakah pengembang akan melaksanakan kewajiban untuk proyek itu sampai tuntas.

REKOMENDASI KAMI : Pilih pengembang properti yang memiliki reputasi yang bagus agar pembelian aman.

KESIMPULAN

Membeli sebuah properti umumnya untuk jangka panjang. Baik untuk ditinggali atau untuk sekedar investasi, ada banyak persiapan sebelum beli rumah.

Beli rumah haruslah dilokasi yang punya potensi untuk berkembang. Lingkungan dan fasilitas umum disekitar lokasi properti harus menunjang demi kemudahan kita. Selain itu, beli rumah harus sesuai budget dan pendapatan kita agar kredit tidak macet. Pilihlah rumah yang harga dan spesifikasi bangunannya sesuai. Terakhir, hanya beli dari pengembang properti yang punya reputasi baik agar tidak ditipu dan dirugikan.

Itulah ulasan kami mengenai persiapan penting sebelum beli rumah. Kami harap artikel ini dapat membantu anda dalam memilih dan memiliki rumah ideal yang nyaman.

Bagi yang berdomisili di Jambi dapat melihat – lihat proyek perumahan kami disini.

HUBUNGI KAMI
Facebook : Perumahan Jambi
Instagram : rumahjambi
Marketing :

0821 8118 2003 (Kevin)
0823 800 900 60 (Yanti)
0823 8574 4500 (Boya)
0823 7504 8879 (Cici)
0812 7155 3316 (Sely)
0821 4233 3388 (Indra)

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *